Sunday, April 22, 2007

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Industri teknologi informasi dan komunikasi (ICT) telah menjadi bendera baru bagi Norwegia. Industri ini terdiri dari berbagai perusahaan inovatif dan berteknologi tinggi di bidang telekomunikasi, perangkat keras dan lunak ICT, elektronik serta layanan konsultasi.

Norwegia merupakan salah satu pengguna ICT per-kapita terbesar di dunia, dengan infrastruktur yang mencakup sistem yang dikembangkan dengan baik, jaringan kabel fiber optik serta transmisi dijital. Kapasitas jaringan komunikasi Norwegia mengalami perkembangan pesat, dan sektor telekomunikasi telah melahirkan perusahaan yang dapat bersaing dalam skala internasional, serta komunitas peneliti. Rangkaian produk yang tersedia termasuk sistem komunikasi satelit, sistem penempatan global, sistem telepon selular, sistem pengelolaan jaringan, sistem transmisi dan teknologi fiber optik.

Para perancang perangkat keras yang inovatif dari Norwegia telah mengembangkan beragam produk khusus, seperti sistem konferensi melalui video, proyektor multi media, transmiter radio dijital, solusi penyimpanan data, terminal kartu kredit dan penyedia tenaga listrik.

Revolusi perangkat lunak Norwegia dipicu oleh perkembangan industri tradisional – yaitu bahan bakar, jasa pengiriman dan perikanan. Kebutuhan dari sektor tersebut serta kemampuan untuk menciptakan serta membiayai solusi dengan teknologi tinggi dengan menekan biaya telah mendorong pengembangan perangkat lunak yang inovatif dan terintegrasi. Industri ICT telah menghasilkan perusahaan penyedia perangkat lunak dan solusi moduler ke hampir seluruh sektor komersil dan publik, termasuk sistem untuk data, customer relations, dan kegiatan administratif serta pengelolaan keuangan. Perusahaan Norwegia juga telah menjadi pelopor di bidang telemedicine dan belajar jarak jauh.

Internet banyak digunakan di Norwegia, dan terus mengalami pertumbuhan secara cepat. Perusahaan Norwegia merupakan yang terdepan dalam bidang teknologi Internet, termasuk pengembangan situs perusahaan multi fungsi dan Intranet, Web browsers yang sangat cepat, permainan on-line dan solusi e-commerce.

Computer for maritime use



No comments: